Esta Arseni Putri

Selamat Datang di Blog Esta Arseni Putri. Never Stop Learning, Because Life Is Teaching. Sharing and Growing Together.
SELAMAT DATANG DI BLOG Esta Arseni Putri

Sabtu, 27 Mei 2023

WISATA DIGITAL GURU

 


Guru harus menguasai kemajuan teknologi digital?

 

Ya, sangat setuju.

Digitalisasi Pendidikan membawa perubahan yang sangat besar. Saat ini, ruang kelas bukan hanya satu-satunya tempat belajar. Seiring perkembangan zaman, dunia virtual pun berubah fungsinya menjadi sekolah. Dengan demikian, guru dituntut dapat menjadi fasilitator yang baik dalam pembuatan media pembelajaran digital untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha menyesuaikan proses pembelajaran dengan memberikan beragam cara melalui diferensiasi konten, proses, produk serta lingkungan belajar dan asesmen awal untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Terkait dengan itu pula, kini di tengah berkembanganya era digital, sejumlah profesi juga telah tergantikan oleh kecerdasan buatan. Perubahan yang cepat itu mengakibatkan peran guru harus lebih dari sekedar mengajar, tetapi juga harus pandai dalam mengelola belajar siswa. Guru harus lebih kreatif, inovatif, dan lebih menyenangkan bagi siswa. Ruang kelas yang mengalami evolusi ke arah pola pembelajaran digital harus dapat menciptakan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.  Peran guru seperti yang telah dijelaskan tadi harus dimiliki oleh semua guru agar fungsi guru dalam proses pembelajaran tidak dapat menyertakan teknologi apapun meskipun pembelajaran telah berkembang ke arah digital.

Era Digital yang mensyaratkan kemajuan kecepatan teknologi akan membawa perubahan yang cukup signifikan, salah satunya terhadap sistem Pendidikan berdampak pada peran guru sebagai tenaga Pendidikan. Guru dituntut memiliki kompetensi tinggi untuk menghasilkan peserta didik yang mampu menjawab tantangan di era digital. Untuk mengatasi tantangan tersebut guru-guru harus mengembangkan atau meningkatkan kompetensi dengan cara mengikuti workshop baik secara online ataupun offline. Sebagai guru harus mampu beradaptasi untuk menerapkan pembelajaran secara digital sesuai dengan perkembangan teknologi.

Berdasarkan hal tersebut, kegiatan Wisata Digital Guru yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang merupakan solusi yang tepat dalam menghadapi tantangan-tantangan para guru di masa sekarang dan masa yang akan datang. Diharapkan dapat menjadi wadah dalam mengembangkan kompetensi para guru di Singkawang dan memberikan ilmu pengetahuan serta pengalaman baru agar semakin kreatif dan inovatif dalam pembuatan media pembelajaran digital untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi.

 

By: Esta Arseni Putri, S.Pd

#GuruSDN94Singkawang

0 komentar:

Posting Komentar